Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berkata, اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لاَ يَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لاَ تَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَ يُسْتَجَابُ لَهَا Artinya: Ya Allah. Sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari jiwa yang tidak pernah merasa kenyang dan dari doa yang tidak dikabulkan. (HR Muslim No. 6906)
"السلام عليكم و رحمة الله و بركاته Semoga Artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa komentarnya ya,,thanks

Saturday, May 26, 2012

Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Mati


saya mempunyai seorang teman, dia bercerita tentang mimpinya yang bertemu dengan ayahnya yang telah meninggal dunia, dalam mimpi tersebut dia menceritakan ayahnya memberikan informasi tentang hutang ayahnya yang belum terbayar semasa hidupnya untuk dilunasi. setelah mendapat pesan dari ayahnya lewat mimpi tersebut dia langsung bergegas mencari tau tentang perihal hutang ayahnya tersebut, dan ternyata benar bahwa ayahnya masih memiliki hutang yang belum terbayar.



mungkin anda sekalian juga pernah mendengar cerita tentang mimpi seperti cerita diatas , dan ternyata hal ini memang benar, bahwa kita bisa bertemu dengan orang yang sudah meninggal dunia di alam mimpi. dengan izin Allah pastinya.


Imam Al Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, “Kaum salaf telah bersepakat atas hal ini. Atsar dari mereka sudah mutawatir bahwa mayit mengetahui jika ada orang yang menziarahinya dan merasa bahagia dengan ziarah tersebut”.




Selanjutnya Ibnul Qayyim menukil perkataan Ibnu Abbas Radhiyallahu 'anhu dalam menafsirkan firman Allah.

اللهُ يَتَوَفَّى اْلأَنفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَى عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ اْلأُخْرَى إِلَى أَجَلٍ مُّسَمًّى

"Allah memegang jiwa (roh seseorang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (seseorang) yang belum mati di waktu tidurnya ; maka Ia tahan jiwa (roh orang) yang telah ia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan lagi jiwa (roh) yang lain sampai waktu yang ditentukan". [Az-Zumar 42}

“Telah sampai kepadaku bahwasanya roh orang-orang yang masih hidup dan yang sudah mati bisa bertemu didalam tidur (mimpi-red) kemudian mereka saling bertanya, lalu Allah menahan roh orang yang sudah mati dan mengembalikan roh orang yang masih hidup ke jasadnya.”

Kemudian Ibnul Qayyim berkata, “Sungguh pertemuan antara roh orang-orang yang masih hidup dengan roh orang-orang yang sudah meninggal menunjukkan bahwa orang yang masih hidup bisa melihat orang yang sudah meninggal dalam mimpinya dan menanyainya hingga orang yang sudah mati menceritakan apa yang tidak diketahui oleh yang masih hidup. Atas dasar inilah terkadang berita orang yang hidup (tentang keadaan orang yang sudah mati) bisa pas sesuai dengan kenyataan.”

Demikianlah yang dipegang oleh Salafus Shalih, yaitu roh orang-orang yang sudah mati tetap ada dan bisa mendengar sampai waktu yang dikehendaki Allah. Tetapi tidak benar, kalau roh-roh itu bisa berhubungan dengan orang-orang yang masih hidup selain dalam mimpi.

1 comment:

  1. bener banget tuh, orang tua ane juga pernah ngalamin yang yang serupa

    ReplyDelete